..:::!!!!! Selamat Datang !!!!!:::..Di Blog !!!!...Pondok Pesantren...!!! AT-TAUHID AL-ISLAMY CONTACT-085789915222 & EMAIL- (pp.tauhidislamy@gmail.com)

Aktivitas Harian

Wednesday, August 8, 2012 | Unknown | 0 komentar

CARA HIDUP

DI PONDOK PESANTREN AT-TAUHID AL-ISLAMY


Di Pondok Pesantren At-Tauhid Al-Islamy ada beberapa macam program, diantaranya:

1. Program Harian.

2. Program Mingguan

3. Program Bulanan.

4. Program Pertengahan Tahun.

5. Program Akhir Tahun.


1.Program Harian

Pada pukul 04:15 anak anak sudah bangun tidur, untuk mandi (wudhu), sholat shubuh, membaca Al-Quran, pemberian kosa kata dalam dua bahasa dan mengulangi pelajaran untuk pagi hari.

Jika ingin berolah raga, mulai pada pukul 06:00 sampai 06:30. Pukul 06:30 adalah permulaan waktu untuk makan pagi, pukul 07:00 semua pelajar melaksanakan shalat Dhuha berjamaah, semua pelajar harus sudah berada didalam kelas masing masing ketika bunyi bel pertama pukul 07:25. Dan para guru mulai memberikan pelajaran kepada murid-murid pada pukul 07:30 ketika bunyi bel kedua sampai pukul 13:00

Sepuluh menit sesudah keluar dari sekolah adalah waktu untuk mendirikan shalat Dzuhur, kemudian makan siang pada pukul 13:30. Setelah itu istirahat dengan membaca buku-buku ringan, surat kabar atau mendengarkan berita yang bersifat edukatif dan tidak ada waktu untuk tidur siang.

Kemudian pelajar masuk kelas kembali untuk mengikuti pelajaran tambahan pada pukul 14:15 sampai pukul 15:00, dan sesudah itu mendirikan shalat Ashar berjamaah pada pukul 15:30.

Bagi yang ingin berolah raga pada hari itu diadadakan setelah shalat ashar. Sedangkan bagi pelajar yang ingin mengikuti kurikulum ekstra kurikuler (seperti ketrampilan, drumband, menulis kaligrafi dan lain-lain) sesuaikanlah dengan kemampuan dan program pribadi, bagi yang tidak mengikuti apa apa, gunakanlah waktu itu untuk mandi, konsultasi dan silaturrahim (kepada bapak dan ibu guru dan teman teman), tafakkur, istirahat, membaca di perpustakaan dan lain lain sampai pukul 17:30.

Pelajar harus ada di masjid pada pukul 18:00 untuk mendirikan shalat maghrib. Seusai shalat, membaca Al-Quran dan setelah itu makan malam pada pukul 19:00, kemudian pada pukul 19:30 mendirikan shalat isya.

Mengulang pelajaran yang diterima tadi pagi dan yang akan dipelajari besok dimulai setelah shalat isya pada pukul 20:00. Bagi pelajar yang kesulitan dalam pelajarannya silahkan berkonsultasi atau bertanya kepada bapak guru atau wali kelasnya, baik di kantor KMI atau di rumahnya.

Yang belajar sampai larut malam, perhatikan keseahtan. Setelah itu barulah mulai tidur, tepatnya pada pukul 22:00 sampai pukul 04.00 (Shubuh). Waktu untuk tidur tidak boleh kurang dari 6 jam dan tidak boleh lebih dari 8 jam.


2. Program Mingguan

Di Pondok Pesantren At-Tauhid Al-Islamy tidak ada kamus pergi ke kampung atau ke kota pada hari jumat, pada hari itu adalah kesempatan untuk mencuci pakaian, menjemur peralatan tidur, membersihkan kamar, kotak, menjahit pakaian yang robek atau memasang kancing yang lepas dan lain lain.

Pada hari kamis siang pukul 14.00 sampai 16.00 setiap pelajar wajib mengikuti latihan kepanduan. Pada tiap malam senin, malam jumat dan kamis siang, pelajar wajib mengikuti latihan pidato dalam tiga bahasa Inggris, Indonesia dan Arab.

Untuk meningkatkan minat baca dan menumbuhkan bakat menjadi seorang penulis yang professional, pada waktu-waktu tertentu pelajar diwajibkan membaca/karya ilmiah. Pada malam ahad pelajar mengikuti pembacaan bait “ Maulid Habsi dan Asyaraful Anam”.

Dan pada malam senin seluruh pengurus organisasi diwajibkan pula shalat tahajjud dan witir.


3. Program Bulanan.

Sewaktu waktu ada pembersihan umum, perbaikan fasilitas, tadabbur alam, dalam rangka penanaman sifat keikhlasan dan penggalian potensi.

Untuk meningkatkan “jiwa spiritual” dianjurkan bagi “penghuni” pondok untuk mengerjakan puasa putih (tanggal 13,14 dan 15 dalam bulan Hijriyah).


4. Program Pertengahan Tahun

Tiap tiap pertengahan tahun diadakan perpindahan umum dari satu asrama ke asrama lain dengan mengingat pertimbangan-pertimbangan.

Bahkan masing-masing asrama dapat melaksanakan perpindahan ini dari satu kamar ke kamar yang lain, sewaktu waktu bila dipandang perlu.

Dan lomba pidato dalam tiga bahasa dalam rangka meningkatkan kualitas bahasa, retorika dan pengetahuan selalu diadakan pada pertengahan tahun, begitu pula pertandingan olahraga dan seni.

Pelajar setelah pertengahan tahun “boleh pulang” bagi yang tidak ada sangkutan administrasi terhadap pondok.


“Maka apabila kamu telah selesai (dari satu urusan) kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap”. (Q.S Al-Insyirah: 7-8).

5. Program Akhir Tahun

Hampir sama dengan pertengahan tahun, hanya dalam menyambut tahun ajaran baru santri diajak menjalankan “Bakti Sosial” melalui Camping dan mengikuti program “Khutbatul Iftitah”.


KESADARAN BERORGANISASI


Indonesia adalah Negara yang mayoritas penduduknya “mengaku” beragama Islam. Oleh karena itu, untuk memahami tingkah laku Ummat Islam di Negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam ini, secara baik dan benar, orang seyogyanya mempelajari organisasi-organisasi Islam yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat yang mempengaruhi bahkan menentukan pola tingkah laku dan sikap hidup Ummat Islam.

Ada dua induk organisasi Islam yang terkemuka di Negara kita, namun masih dianggap tidak mempunyai concern dan belum berperan secara optimal untuk mengubah kultur dan etika masyarakat menjadi islami.

Walaupun demikian dua organisasi itu telah banyak berbuat dan melakukan terobosan untuk kemaslahatan Ummat Islam.


Apa itu Organisasi?

Secara etimologi organisasi berarti perkumpulan, persatuan, perhimpunan, ikatan lembaga atau kelompok kerja bersama. Menurut Terminologi berarti kelompok kerja yang dikoordinasikan secara sadar dan penuh tanggung jawab yang terdiri atas bagian-bagian tertentu yang memungkinkan anggota mencapai tujuan bersama.

Saat ini tumbuh dan berkembang bermacam-macam organisasi yang bersifat regional, nasional dan internasional. Dan tak henti-hentinya sekelompok pakar mengambil kesempatan untuk menyumbangkan hasil pikirannya melalui “sebuah buku” tentang “organisasi”.

Pondok adalah tempat persemaian calon pemimpin organisasi yang islami, handal dan professional. Disini anak-anak punya kesempatan untuk berorganisasi.

Organisasi Pelajar di pondok ini dinamakan Organisasi Pelajar Pondok Pesantren At-Tauhid Al-Islamy ( OPTI), sebuah wahana yang bebas dari sifat “fanatisme”, “mengkultus seseorang”, dan “berkepribadian kaku” (pasif) statis terhadap perselisihan pendapat (Khilafiah). Fungsinya :

1. Memberikan pedoman kepada anggota bagaimana mereka dapat membantu menegakkan disiplin dan menjalankan program-program pondok yang telah ditetapkan.

2. Memberikan pegangan kepada anggota bagaimana mereka harus bersikap dan bertingkah laku secara Islami dalam menjalani tugas sebagai Anggota sekaligus komunitas santri pondok.

3. Memberikan tuntunan, bagaimana mengikuti arus kehidupan pondok yang diliputi dengan nuansa keikhlasan kesederhanaan dan diawasi.

4. Sebagai tempat pelatihan untuk meningkatkan potensi, bakat kepemimpinan dan menghidupkan sifat optimisme dan dinamis serta kritis.


Oleh karena itu semua pelajar harus turut aktif dalam berorganisasi, baik sebagai anggota atau sebagai pengurus.

Jika menjadi pengurus, jadilah pengurus yang baik, berjasa dan tahu diri, jika jadi anggota (warga), jadilah warga yang baik, berjasa dan tahu diri.

Dalam suatu organisasi “jangan minta jasa” tapi “berjasalah” berbuatlah yang serba “terbaik” menurut ketentuan, disiplin dan ajaran agama.

Tunjukanlah, perlihatkanlah kecakapanmu dan pengorbananmu dengan ikhlas. Kelak orang akan menghargai atau menilai diri sendiri. Tetapi “jangan minta dihargai atau minta dihormati”. Seseorang yang masih minta dihargai, minta balas jasa, itulah “orang yang masih dapat dibeli meskipun dengan harga tinggi” dan “ janganlah mengukur diri dengan kemampuan sendiri” karena “nafsu syetan” selalu berada pada diri” orang yang suka dipuji, minta dihargai dan dihormati”.

Ingatlah, masih banyak hal-hal berupa kekayaan yang tidak dapat dibeli. Apalagi sekiranya hanya dengan amteri seperti, keikhlasan, harga diri, pengetahuan, kelapangan dada (sabar dan toleransi). Ringan tangan (suka memberi dan menolong) dan banyak lagi lainnya. “ Ini semua tidak bisa dibeli dengan materi”.

Kendati demikian, kita tidak boleh lengah karena :

الحق بلا نظام يغلبه الباطل بنظم

“Kebathilan dapat mengalahkan kebenaran dengan Organisasi yang teratur rapi”.

Untuk itu :

1. Para pelajar jangan tergesa-gesa ingin menjadi pengurus di masyarakat, sebelum mempunyai bekal, persiapan dan kematangan pribadi lahir dan batin, serta ilmu pengetahuan yang cukup.

2. Para pelajar masih harus menuntut, mencari “output” yang terbaik dan benar dalam menggerakkan suatu organisasi.

3. Bimbingan dan tuntunan dari yang lebih berpengalaman harus dijadikan “pedoman” dalam melangkah.

Bak Bahtera Di Tengah Samudera.

At-Tauhid Al-Islamy Telah Berlayar Dan Akan Terus Berlayar

Seiring Dengan Pasang Surut Samudera

Ibadurrahman Akan Tetap Mengarung Menggapai Ridho-Nya.


Aktivitas Harian Reviewed by Unknown on Wednesday, August 8, 2012 Rating: 4.5
Share on: Twitter, Facebook, Delicious, Digg, Reddit

Ditulis Oleh : Unknown ~ Tips dan Trik Blogspot

Christian angkouw Artikel Aktivitas Harian ini ditulis oleh Unknown pada hari Wednesday, August 8, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Aktivitas Harian dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Bagi Shobat yang ingin mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, tolong letakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Trimakasih atas kunjungan anda.. Blog ini Dofollow) Silahkan menaruh kritik dan saran pada kotak komentar ini, asal tidak SPAM dan bagi yang mencantumkan link, akan terhapus otomatis.