..:::!!!!! Selamat Datang !!!!!:::..Di Blog !!!!...Pondok Pesantren...!!! AT-TAUHID AL-ISLAMY CONTACT-085789915222 & EMAIL- (pp.tauhidislamy@gmail.com)

Panca Jiwa Pondok Pesantren

Wednesday, August 8, 2012 | Tauhid Islamy | 0 komentar

PANCA JIWA PONDOK

Kehidupan dalam pondok dijiwai oleh suasana-suasana yang dapat kita simpulkan dalam PANCA JIWA :

1. KEIKHLASAN

Tidak didorong oleh keinginan memperoleh keinginan-keinginan tertentu, di pondok ini berbuat tanpa pamrih diniawi atau berharap balas jasa, padahal kita sudah tahu bahwa :

“ Ikutilah orang-orang yang tidak mengharap balas jasa dan mereka itulah adalah orang-orang yang selalu mendapat petunjuk “. (Q.S.36 : 21)

Salah seorang pendiri dan perintis Pondok Modern Gontor Ponorogo menafsirkan maksud ayat tersebut :

“ Berjasalah tapi jangan minta jasa”(K.H. Ahmad Sahal)

Berbuatlah semata-mata untuk ibadah dan untuk mencari keridhoan-Nya.

Di sini kyai ikhlas dalam mengajar, guru-guru tanpa pamrih mendidik, santri ikhlas dalam belajar dan menerima pendidikan.Maka keikhlasan ini jangan diganggu dan digerogoti.

  • Panca Jiwa Pondok Modern
  • Keikhlasan
  • Kesederhanaan
  • berdikari
  • Ukhuwah Islamiah


2. KESEDERHANAAN

Kehidupan dalam pondok diliputi oleh suasana kesederhaan, tetapi agung dan anggun. Sederhana bukan berarti miskin dan melerat, tetapi didalam kesederhanaan itu terdapat unsur kekuatan dan ketabahan hati serta penguasaan diri dalam menghadapi perjuangan hidup dengan segala kesulitannya.

Maka dibalik kesederhanaan itu kita dapatkan :

a. Sifat pantang mundur dan menyerah dalam segala keadaan.

b. Sifat berani maju dan berjiwa besar dalam menghadapi hidup dalam kehidupan ini.

c. Sifat optimisme, percaya diri dan teguh hati.

3. BERDIKARI

Pendidikan berdikari ini merupakan senjata hidup yang sangat ampuh, kita berusaha dan berupaya untuk menghidupi pondok ini dengan tanpa bantuan dan belas kasih orang lain. Dalam pada itu tidak bersikap kaku sehingga menolak orang-orang yang hendak membantu Pondok.

“Pekerjaan apakah yang paling utama (afdhal), Rasulullah menjawab: Pekerjaan seseorang dengan tangannya sendiri “.(H.R. Ahmad)

Maksudnya : Kita tidak menunggu pekerjaan, menunggu bantuan, belas kasih dari seseorang, karena kita punya akal dan tangan, dua alat ini diberikan untuk dapat hidup Berdikari.

4. UKUWAH ISLAMIYAH

Kehidupan di pondok modern manapun adanya diliputi dengan suasana persaudaraan akrab, sehingga segala sesuatu, seperti kesenangan, kesedihan dirasakan bersama dengan jalinan perasaan keagamaan. Ukuwah atau persaudaraan ini, bukan hanya selama tinggal di dalam Pondok itu sendiri, tetapi juga mempengaruhi kearah persatuan dan kesatuan masyarakat.

5. KEBEBASAN

Bebas dalam berfikir dan berbuat, dalam menentukan masa depan, memilih jalan hidupnya di masyarakat kelak, dengan berjiwa besar dan optimis.

Bagi mereka yang menyalah artikan makna bebas akan timbullah unsur –unsur negative. Sehingga terlalu bebas, sehingga kehilangan arah, tujuan dan prinsip. Sebaliknya, ada pula yang terlalu bebas (untuk tidak dipengaruhi), berpegang teguh kepada tradisi yang paling baik sendiri, sehingga tidak menoleh ke keadaan sekitar dan tidak memperhitungkan masa depannya. Akhirnya tidak bebas lagi. Karena mengikat diri dengan yang diketahuinya saja.

“Jangan menjadi katak dalam tempurung”

Merasa pendapat dia saja yang paling benar, hanya golongannya saja yang diakui oleh Allah, lihatlah diri dikaca atau cermin, sehingga tidak salah melihat mana hidung dan mana bibir.

Maka kebebasan itu harus dikembalikan kepada aslinya, yaitu dalam garis –garis Positif.

"Dan Katakanlah: "Bekerjalah kamu, Maka Allah dan rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang Telah kamu kerjakan.( Q.S. At-Taubah 9: 105)”

فإن لم تستحى فاصنع ماشئت

“ kalau kamu sudah merasa tidak memiliki sifat malu lagi berbuatlah sekehendakmu”


Panca Jiwa Pondok Pesantren Reviewed by Tauhid Islamy on Wednesday, August 8, 2012 Rating: 4.5
Share on: Twitter, Facebook, Delicious, Digg, Reddit

Ditulis Oleh : Tauhid Islamy ~ Tips dan Trik Blogspot

Christian angkouw Artikel Panca Jiwa Pondok Pesantren ini ditulis oleh Tauhid Islamy pada hari Wednesday, August 8, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Panca Jiwa Pondok Pesantren dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Bagi Shobat yang ingin mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, tolong letakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Trimakasih atas kunjungan anda.. Blog ini Dofollow) Silahkan menaruh kritik dan saran pada kotak komentar ini, asal tidak SPAM dan bagi yang mencantumkan link, akan terhapus otomatis.