..:::!!!!! Selamat Datang !!!!!:::..Di Blog !!!!...Pondok Pesantren...!!! AT-TAUHID AL-ISLAMY CONTACT-085789915222 & EMAIL- (pp.tauhidislamy@gmail.com)

Hadits Mutawatir

Thursday, March 30, 2023 | Tauhid Islamy | 0 komentar

 

A.     Pengertian hadits mutawatir

Secara bahasa, mutawatir merupakan bentuk isim fa’il dari kata  تواتر  (tawaatara) yang berarti “berturut-turut”. Artinya ia diriwayatkan oleh rawi secara berturut turut dari tingkatan paling atas ketingkatan paling bawah.

Adapun secara istilah, hadits mutawatir adalah hadits yang diriwayatkan oleh rawi (periwayat) yang berjumlah banyak, yang mana hal itu membuat mereka mustahil bersepakat untuk berbohong. Hal ini sebagaimana di ungkapkan oleh syeikh mahmud at-thahan an-nu’aimi dalam kitabnya:

ما رواه عدد كثير، تُحِيل العادة تواطُؤَهم على الكذب (أبو حفص محمود بن أحمد بن محمود طحان النعيمي، تيسير مصطلح الحديث (مكتبة المعارف للنشر والتوزيع، 1425هـ-2004م) ص. 23)

B.      Syarat hadits mutawatir

Suatu hadits dikatakan hadits mutawatir apabila memiliki syarat-syarat tertentu. Adapun syaratnya ada 4, yakni:

1.       diriwayatkan oleh banyak rawi. Batas minimalnya adalah diriwayatkan oleh 10 rawi.

2.       jumlah rawi yang banyak di atas berlaku disemua tingkatan.

3.       jumlah yang banyak itu menjadikan mereka mustahil bersepakat untuk berbohong.

4.       menggunakan sighat سمعنا (kami telah mendengar), رأينا  (kami telah melihat), لمسنا  (kami menyentuh). Sighat-sighat tersebut mengindikasikan bahwa sang rawi banar-benar bertemu dengan rawi lainnya (rawi yang didengar darinya suatu hadits).

Jika suatu hadits dinyatakan sebagai hadits mutawatir, maka ia mempunyai derajat yang kuat yang mengharuskan semua orang untuk menerimanya (mengakuinya dan menghilangkan keraguan terhadap kebenarannya) seakan-akan ia melihatnya dengan mata kepala sendiri.

C.      Macam macam hadits mutawatir

Hadits ini terbagi menjadi 2, yakni mutawatir lafdzi dan mutawatir maknawi.

Mutawatir lafdzi adalah suatu hadits yang diriwayatkan oleh banyak rawi (lebih dari 10 rawi) dengan lafadz (redaksi) dan makna (substansi) yang sama.

Mutawatir maknawi dalah suatu hadits yang diriwayatkan oleh banyak rawi (lebih dari 10 rawi) dengan lafadz yang berbeda namun mempunyai makna (substansi) yang sama. Meskipun redaksinya berbeda-beda, namun semuanya mengabarkan suatu kabar yang sama.

Contoh hadits mutawatir lafdzi

من كذب علي متعمدا فليتبوأ مقعده من النار

Artinya: “barangsiapa berbohong atas namaku dengan sengaja, maka hendaklah ia menempati tempat duduknya di neraka” (HR. Bukhari & muslim)

Hadits tersebut diriwayatkan oleh tujuh puluh sekian sahabat, kemudian jumlah tersebut bertambah dalam setiap tingkatan sanadnya. Oleh sebab itu disebut hadits mutawatir lafdzi, karena semua perawinya meriwayatkan dengan redaksi yang sama.

Contoh hadits mutawatir maknawi

Contoh hadits mutawatir maknawi adalah hadits tentang mengangkat tangan ketika berdo’a. Dimana khabar ini ditemukan di dalam kurang lebih 100 hadits yang berbeda-beda. Meskipun keseratus hadits ini tidak berderajat mutawatir, namun jika digabungkan, maka ia menjadi mutawatir. Sebagaimana diungkapakan di dalam kitab taisir musthalah hadits:

مثل: أحاديث رفع اليدين في الدعاء، فقد ورد عنه صلى الله عليه وسلم نحو مائة حديث، كل حديث منها فيه: أنه رفع يديه في الدعاء، لكنها في قضايا مختلفة، فكل قضية منها لم تتواتر، والقدر المشترك بينها -وهو الرفع عند الدعاء- تواتر باعتبار مجموع الطرق

Hadits jenis ini berjumlah banyak, diantaranya hadits tentang khaud (telaga), mengusap sepatu ketika wudhu, dan lain sebagainya. Namun jika dibandingkan dengan hadits ahad, tentu ia termasuk berjumlah sangat sedikit.


Hadits Mutawatir Reviewed by Tauhid Islamy on Thursday, March 30, 2023 Rating: 4.5
Share on: Twitter, Facebook, Delicious, Digg, Reddit

Ditulis Oleh : Tauhid Islamy ~ Tips dan Trik Blogspot

Christian angkouw Artikel Hadits Mutawatir ini ditulis oleh Tauhid Islamy pada hari Thursday, March 30, 2023. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Hadits Mutawatir dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Bagi Shobat yang ingin mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, tolong letakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Trimakasih atas kunjungan anda.. Blog ini Dofollow) Silahkan menaruh kritik dan saran pada kotak komentar ini, asal tidak SPAM dan bagi yang mencantumkan link, akan terhapus otomatis.