..:::!!!!! Selamat Datang !!!!!:::..Di Blog !!!!...Pondok Pesantren...!!! AT-TAUHID AL-ISLAMY CONTACT-085789915222 & EMAIL- (pp.tauhidislamy@gmail.com)

Macam-macam Ilmu Al-Qur'an

Thursday, March 30, 2023 | Tauhid Islamy | 0 komentar

 Aaspek kemukjizatan Al-Qur'an

1)      Mukjizat dari aspek Bahasa.

2)      Mukjizat dari aspek  Ilmiah.

3)      Mukjizat dari aspek Pemberitaan Ghaib. 

4)      Mukjizat dari aspek Penetapan hukum 

5)      Mukjizat dari aspek Keabadian.

 

Para Ulama yang menolak Naskh Al-Qur'an

1.  Abu Muslim al Isfahan

Menurut Abu Muslim al-Isfahani, naskh mungkin terjadi secara logika namun secara syara’ tidak. Sebab ia berpedoman pada Q.S. Fushilat: 42:

لَّا يَأْتِيْهِ الْبَاطِلُ مِنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَلَا مِنْ خَلْفِهٖ ۗتَنْزِيْلٌ مِّنْ حَكِيْمٍ حَمِيْدٍ

“Yang tidak datang kepadanya (Al Quran) kebatilan baik dari depan maupun dari belakangnya, yang diturunkan dari Rabb yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji” Atas dasar ayat di atas, Abu Muslim al-Isfahani, mengatakan bahwa ayat- ayat yang terdapat dalam al-Qur’an tidak ada yang batal. Oleh karena itu jika nasikh diartikan membatalkan, maka yang demikian itu bertentangan dengan ayat tersebut.

2.  Muhammad Syahrur

Muhammad Syahrur menolak adanya konsep nasikh dalam al-Qur’an, selain karena pemahaman tentang nasikh seperti itu merupakan produk dari pemerintahan yang kejam, juga karena tidak ditemukan riwayat yang mengatakan bahwa nabi Muhammad saw. Telah memerintah para sahabatnya untuk meletakkan suatu ayat dari al-Qur’an ditempat yang lain atas nama nasikh dan mansukh, demikian juga tidak pernah sampai secara Mutawatir beliau mengisyaratkan atau menyebutkan hal ini.

3.  Taufik Adnan Amal dan Syamsu Rizal Pengabean

Menurut kedua tokoh ini, kata nasikh yang menjadi landasan teori nasikh dan mansukh bisa mengandung salah satu dari dua makna yang digunakan pada periode Makkah. Jika makna “menghapuskan” digunakan, maka pengertian ayat ini jika Tuhan menghapuskan atau menjadikan ayat terlupakan, maka dia akan mendatangkan yang lebih baik atau yang setara dengannya. Tetapi jika dihubungkan dengan konteks sebelum dan sesudahnya, kata ayat berarti bukti kenabian

 

Perbedaan Terjemah, Tafsir, dan Takwil

a.       Terjemah adalah memindah atau mengganti suatu ungkapan dalam suatu bahasa ke dalam bahasa yang lain.

b.      Tafsir adalah Menjelaskan makna-makna al-Qur'an dan menjelaskan maksudnya dan lebih umum. 

c.       Takwil adalah kebanyakan digunakan pada kalimat. atau usaha untuk memahami lafadz-lafadz (ayat-ayat) al-Qur'an melalui pendekatan memahami arti/ maksud sebagai kandungan dari lafadz itu.

 

Syarat penerjemah Al-Qur'an

1.      Penerjemah haruslah seorang muslim, sehingga tanggung jawab keislamannya dapat dipercaya.

2.   Penerjemah haruslah seorang yang adil dan tsiqah. Karenanya, seorang fasik tidak diperkenankan menerjemahkan Alguran.

3.      Menguasai bahasa Arab dengan sangat baik, juga menguasai bahasa terjemahan sangat baik pula.

4.      Berpegang teguh pada prinsip-prinsip penafsiran Al-Quran dan memenuhi kriteria sebagai mufasir, karena penerjemah pada hakikatnya adalah seorang mufasir

 

Ilmu Qira'at?

Ilmu Qira’at merupakan ilmu tentang macam-macam bacaan al-Qur’an yang mana semua bacaan tersebut sambung sampai Rasulullah saw.

Qira’at secara etimologis, qira’at (قراءات ) merupakan bentuk jamak dari kata qira’ah (قراءة ) yang merupakan isim masdar dari kata qara’a (قراء), yang berarti bacaan. Adapun definisi qira’at menurut istilah cukup beragam. Hal ini disebabkan oleh keluasan makna dan sisi pandang yang dipakai oleh para ulama tersebut. Qira’at menurut al-Zarkasyi merupakan perbedaan lafal-lafal al-Qur’an, baik menyangkut huruf-hurufnya maupun cara pengucapan huruf-huruf tersebut, sepeti takhff, tasydid dan lain-lain


Macam-macam Ilmu Al-Qur'an Reviewed by Tauhid Islamy on Thursday, March 30, 2023 Rating: 4.5
Share on: Twitter, Facebook, Delicious, Digg, Reddit

Ditulis Oleh : Tauhid Islamy ~ Tips dan Trik Blogspot

Christian angkouw Artikel Macam-macam Ilmu Al-Qur'an ini ditulis oleh Tauhid Islamy pada hari Thursday, March 30, 2023. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Macam-macam Ilmu Al-Qur'an dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Bagi Shobat yang ingin mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, tolong letakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Trimakasih atas kunjungan anda.. Blog ini Dofollow) Silahkan menaruh kritik dan saran pada kotak komentar ini, asal tidak SPAM dan bagi yang mencantumkan link, akan terhapus otomatis.